Sintang Belum Siap Ikuti UN Online

SINTANG-KALBAR, (MKR) :Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) secara Online (Best Computer System) di Kabupaten Sintang belum dapat dilaksanakan mengingat saat ini sekolah- sekolah di kabupaten Sintang tidak memenuhi Syarat.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikbud Ya’Ismahayana,mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional secara Online ini memiliki persyaratan pendukung berupa Komputer minimal 1 berbanding 3.

“ Tidak semua SMA di Sintang memiliki fasilitas Komputer yang cukup, Bila di Sekolah memiliki 90 siswa minimal memiliki 30 Komputer,” Ujarnya

Dimungkinkan hanya SMK Negri 1 Sintang yang dapat melaksanakannya, sebab selain computer di Sekolah penyelenggara juga harus memiliki Genset dan jaringan Internet berkapasitas memadai.
Sesuai jadwal UN dilaksanakan pada 13 April, yang akan ikuti, 2.409 siswa SMA dan 1.067 siswa SMK.
“Meski demikian pada tahun ini, UN dipastikan tidak lagi sebagai penentu kelulusan siswa , melainkan ditentukan oleh sekolah. Jadi istilah lulus UN sekarang tidak ada lagi,” terangnya.
Dijelaskanya hal yang perlu dipahami pula bahwa UN dibagi tiga tahap, yang pertama UN nasional, kemudian UN susulan dan UN perbaikan nilai.

“UN susulan diberikan kepada siswa yang berhalangan hadir, karena sakit dan sebagainya, tapi surat keteranganya harus jelas,’ ujarnya.

Siswa juga dapat mengikuti UN perbaikan nilai. Ini tergantung masing-masing siswa, dan pelaksanaan ujian dilakukan setahun kemudian.(Mo)

__Terbit pada
30/03/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya