Tahun Ini Milton Targetkan Miliki Industri Hilir

SINTANG-KALBAR,(MKR): Kabupaten Sintang telah mengantongi sebayak 40 perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, namun jumlah tersebut belum diimbangi dengan jumlah pabrik yang dapat mengolah hasil perkebunan tersebut.
Bupati Sintang Milton Crosby menargetkan Kabupaten Sintang tahun 2015 ini memiliki investor industri hilir, yang dapat mengolah hasil perkebunan menjadi barang jadi.
“Jumlah Bahan baku sawit di Sintang tidak hanya diolah sampai CPO, tapi di Sintang harus ada industri minyak kelapa sawit, industri kosmetik, dan ada sekitar belasan ikutan dari kelapa sawit,” kata Milton.
Selain itu, lanjut Milton, tidak hanya sawit, komoditi karet di Kabupaten Sintang sangat menjanjikan.
“Kita akan menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), untuk itu Kabupaten Sintang sudah semestinya menyiapkan bahan baku untuk industri hilir. Persiapan ini dalam upaya kita mempersiapkan masyarakat ekonomi asean,” tuturnya.
Milton juga mengatakan bahwa, kebijakan pemerintah Indonesia saat ini tengah mengarahkan pada wilayah di luar pulau Jawa, salah satunya wilayah Kabupaten Sintang. (Mo)

__Terbit pada
17/03/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya