Pemkab Sintang Evaluasi Progres Pembangunan Bandara Tebelian

Guna memperlancar dan mempercepat proses pembangunan Bandara Tebelian, Pemerintah Kabupaten Sintang terus menerus melakukan evaluasi guna membangun kebersamaan dengan berbagai pihak dan mengetahui hambatan-hambatan yang ada dalam proses pembangunan Bandara Tebelian.
Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat memimpin rapat evaluasi yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang pada Selasa, 10 Maret 2015 menyampaikan bahwa Pemkab Sintang sangat mengharapkan dukungan penuh dari berbagai instansi guna mempercepat operasional Bandara Tebelian.
“saat ini saja seluruh pekerja di Bandara Tebelian terus menerus bekerja. Apron saat ini sedang diaspal. Bangunan VIP akan dilanjutkan maka kita merencanakan pada 18 Agustus 2015 nanti, kita bisa melakukan peresmian pra operasional dan test flight pesawat di landasan pacu” terang Bupati Sintang.
Hatta Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa operasional Bandara Tebelian sudah mendapatkan dukungan penuh dari banyak pihak seperti dari PDAM, Badang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Jakarta, PT PLN Wilayah Kalbar di Pontianak, PT Telkom, PT Pertamina MOR VI Kalimantan di Balikpapan.
“Bahkan PLN dan Telkom sudah mulai melaksanakan kegiatan pemasangan instalasi. Pemprop Kalbar juga akan mengucurkan anggaran untuk membantu pembangunan Bandara Tebelian.
Kepala Bandara Susilo Sintang Poltak Gordon menyampaikan Bandara Tebelian tahun ini akan ada pelapisan landasan pacu, pembuatan drainase apron, penyelesaian gedung dan ruang tunggu, dan melengkapi fasilitas lain. “pembangunan Bandara Tebelian mendapat dukungan pendanaan secara penuh dari Pemerintah Pusat. APBN Perubahan Tahun 2015 juga sudah dapat anggaran 32 milyar.
“Landasan pacu tahun ini akan mencapai 1.650 meter. Dan tahun 2016 bisa menjadi 1.970 meter. Apron pada tahap awal bisa menampung 3 pesawat” jelas Poltak Gordon.
BMKG Sintang sendiri siap mendukung operasional Bandara Tebelian dan Tahun 2015 ini sudah mendapatkan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan gedung beserta peralatan untuk di Bandara Tebelian.
PLN juga menyatakan siap mendukung dan akan segera membangun jaringan khusus yang terpisah dengan jaringan umum dan akan memerlukan 500 KVA. Dukungan juga didapat dari PT Telkom yang akan segera memasang kabel bawah tanah menuju gedung terminal.

__Terbit pada
10/03/2015
__Kategori
Sintang