Tingkatkan Sinergisitas Antar Penegak Hukum

Polres Gelar CJS Gathering

SINTANG-KALBAR, (MKR): Untuk lebih meningkatkan sinergitas antar penegak hukum dalam penindakan dan pencegahan tindak pidana kriminalitas di Kabupaten Sintang, Polres menggelar Criminal Justice System (CJS) Gathering belum lama ini. Hadir dalam kegiatan CJS, Kejaksaan Negeri , Pengadilan Negeri dan Lembaga Pemasyarakatan.

” Selain sebagai ajang silahturahmi, Criminal Justice System juga merupakan upaya koordinasi antara para penyidik, penuntut umum dan pengadilan negeri untuk saling bersinergi satu sama lain,” ujar Kapolres Sintang, AKBP Veris Septiansyah.

Selain itu, Lanjut Kapolres, CJS Gathering juga merupakan sebuah kegiatan resfresing dalam menjalankan pekerjaan, tugas dan mempererat komunikasi antar lembaga penegak hukum.

” Ini sebagai satu wadah, menyatukan visi dalam melaksanakan penegakkan hukum, membentuk satu tim kerja yang baik,” katanya.

Veris mengungkapkan, bila dianologikan peran penegak hukum sudah terlihat bagaikan restoran padang, yakni kepolisian tugasnya sebagai orang yang berbelanja, kemudian Kejaksaan sebagai pemasaknya atau koki yang mana hasil masakannya untuk di sajikan ke pengadilan (sebelum diserahkn ke konsumen ia “pengadilan” yang menilai), sedangkan Balai pemasyarakat sebagai pencuci piring atau membereskan tahap akhirnya, dengan melakukan pembinaan.

” Keterpaduan kegiatan ini sangat penting, karena dapat melihat pencari keadilan yang mengharapkan keadilan dapat ditegakkan,” ungkapnya.

Diharapkan kegiatan CJS ini dapat menyelaraskan fungsi dan mengsikronisasikan peran antar penegak hukum. Sehingga tidak ada timbul fiksi-fiksi atau penafsiran yg berbeda dalam melaksanakan penegakan hukum.

” Kita juga berupaya mencgah adanya gejolak atau peselihan antar penegak hukum, seperti halnya dinamika dalam berumah tangga, yang lepas dari perbedaan pendapat, namun ini lah bumbu dalam mensolidkan penegakan hukum di wilayah Sintang,” jelasnya.

Kegiatan Criminal Justice System rencananya akan digelar rutin, sehingga proses penegakan hukum di Sintang dapat berjalan dengan maksimal. Jika sudah terjalin komunikasi aktif, maka semua pesoalan hukum di Sintang akan mudah untuk diatasi.

” Koordinasi memang mudah untuk dikatakan, namun teramat sulit dalam prakteknya. Dengan kegiatan Criminal Justice System diharapkan tali sialturrahim semakin terikat kuat, sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik,” katanya.

Senada dengan Kapolres, Riono Budi Santoso, Kajari Sintang, menyambut baik kegiatan silaturrahim yang dikemas dengan acara Criminal Justice System ini, momen ini merupakan upaya memadu padankan visi-misi institusi penegak hukum dalam menegakkan hukum.

” Kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan untuk menjalin silaturrahim antara penegak hukum, karena bisa menciptakan suasana keakraban dan sinergisitas,” ujarnya.

Saat ini, hubungan antar penegak hukum di Kabupaten Sintang sudah tercipta atau berjalan dengan baik, walaupun terjadi perbedaan pendapat dalam menafsirkan kitab perundang-undangan hukum pidana dan perdata.

” Walaupun ada timbul perbedaan pendapat, tapi ada kesepakatan yang bisa diambil dan dijalankan,” katanya. (Mo)

__Terbit pada
09/03/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya