Putra Daerah Jadi Prioritas

SINTANG-KALBAR, (MKR): Wacana kepemimpinan di Kabupaten Sintang telah memunculkan beberapa figur nama yang berpeluang menjadi kepala daerah. Sejauh ini, masyarakat di wilayah bumi senentang telah terbangun opini bahwa yang pantas dan layak untuk menjadi bupati adalah putra daerah.

” Warga lebih menginginkan agar bupati di Kabupaten Sintang, nantinya adalah putra daerah,” ujar Pengamat Politik Sintang, Daniel Setiawan, kepada wartawan, belum lama ini.

Meski sudah banyak calon nama figur pemimpin yang akan bertarung pada bursa Pilkada Kabupaten Sintang, wacana memberikan kesempatan kepada putra daerah sangat menonjol.

” Sudah waktunya, Kabupaten Sintang dipimpin oleh Putra daerah yang cerdas dan serius membangun kampung halamannya. Bukanya hanya sekedar mencari jabatan maupun mencari makan di Sintang,” katanya.

Namun demikian, lanjut Daniel, masyarakat juga perlu melihat seperti apa kemampuan para figur, karena faktor SDM sangat menentukan. Walaupun waktu pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sintang masih lama, akan tetapi masyarakat sudah mendengar sejumlah figur yang berniat mencalonkan diri dalam PemiluKada nanti.

” Masyarakat sebagai pemilih harus cerdas dan cermat mencari orang atau figur pemimpin yang serius ingin merubah dan membangun Kabupaten Sintang,” katanya.

Selain itu, ia memintah masyarakat harus lebih mendukung kepada calon bupati yang berani membuat kontrak politik, terkait pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Sintang yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

” Masyarakat harus mendukung calon yang berani menyodorkan kontrak politik, guna meyakinkan pilihan masyarakat tersebut,” katanya.

Saat ini, sudah ada beberapa nama yang bersosialisasi, memperkenalkan diri di masyarakat menyampaikan keinginan mereka bertarung di Pilkada Sintang. Meski sudah banyak yang mulai bersosialisasi, masyarakat Sintang sepertinya akan lebih menonjolkan dan menjagokan figur putra daerah.

” Pasangan yang ideal, ialah yang menjunjung tinggi nilai keberagaman. Seperti suku maupun agama,” tukasnya.(Mo)

__Terbit pada
09/03/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya