Tanam Sawit, Milton Crosby Dukung Kemitraan Positif Perusahaan-Masyrakat

Ada banyak perusahaan perkebunan yang serius, berbuat baik dan mampu membangun kemitraan dengan masyarakat dan koperasi lokal. kemitraan antara perusahaan perkebunan dengan masyarakat di sini bisa menjadi percontohan bagi perusahaan dan masyarakat dari tempat lain. Demikian disampaikan Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si melakukan penanaman perdana sawit hasil kemitraan antara 5 koperasi dengan PT. Kencana Alam Permai di Desa Bangun Kecamatan Sepauk pada Senin, 27 Oktober 2014.
“dalam rangka menyongsong pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pembangunan kebun masyarakat yang mandiri merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri. Kita memang jangan sampai banyak omong tetapi bekerja dan bekerja sebagaimana arahan dan himbauan Bapak Presiden Joko Widodo” terang Bupati Sintang.
“Persoalan batas desa, saya menghimbau masyarakat untuk tidak saling ngotot tetapi saling melengkapi. Supaya menjadi petani karet dan sawit yang sukses masyarakat harus menerapkan prinsip kerja % AS dan menjauhi 5 L. Dan harus ada kombinasi usaha masyarakat yakni karet dan sawit” harap Bupati Sintang.
Darius Anu selaku perwakilan 5 koperasi yakni Koperasi Raja Swa dan Koperasi Bui Nasi Desa Bangun, Koperasi Betung Jaya Desa Sungai Buluh, Koperasi Kelangau Bersatu Desa Riam Kempadik, dan Koperasi Mutiara Kujau Desa Kuala Tiga menyampaikan bahwa penanaman sawit ini merupakan bentuk kemitraan perkebunan kelapa sawit dengan koperasi lokal.
“Jika kita membangun kemitraan dengan baik, maka banyak hal positif yang diperoleh. Perusahaan juga sudah mempercayai koperasi lokal disini karena sudah memiliki kekuatan hukum. Kami juga mengusung konsep petani sawit mandiri. Saat ini yang akan dibuka mencapai 260 hekatr dengan 65 orang anggota. Kami buka lahan baru dan tidak menebang pohon karet karena kami ingin membangun sawit dan karet secara bersama-sama” tegas Darius Anu.
“Bahkan kami juga berkomitmen memperkuat ketahanan pangan di sini. Dalam pengelolaan koperasi yang bermitra dengan perusahaan perkebunan, kami sampai harus belajar ke koperasi di Kecamatan Binjai Hulu bahkan sampai ke Propinsi Kalimantan Timur. Pembangunan jalan, jembatan dan pendidikan sudah dilakukan oleh PT. Kencana Alam Permai” jelas Darius Anu (RILIS HUMAS)

__Terbit pada
27/10/2014
__Kategori
Sintang