Pastikan BBGRM Berjalan, Tim Tinjau Pelaksanaan Gotong Royong

Setelah pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat di Desa Baning Kota Kecamatan Sintang pada 17 Oktober 2014 oleh Bupati Sintang, berbagai program dan kegiatan langsung di eksekusi di lapangan di beberapa titik di wilayah Kecamatan Sintang. Guna memastikan program dan kegiatan tersebut berjalan lancar, Tim dari Pemerintah Kabupaten Sintang meninjau langsung beberapa titik pelaksanaan salah satu kegiatan yakni gotong royong pada Jumat, 24 Oktober 2014.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat menjelaskan bahwa nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu dilestarikan secara berdayaguna dan berhasilguna untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa dan kelurahan serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“untuk mendukung pelaksanaan pelestarian nilai-nilai gotong royong melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, perlu dilaksanakan kegiatan bulan bhakti gotong royong masyarakat yang mengikutsertakan seluruh komponen bangsa” jelas Hendrika Kepala Kantor Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.
Tim Pemerintah Kabupaten Sintang yang meninjau langsung adalah Kepala Kantor Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Hendrika, Asisten Pemerintahan GA Anderson, Asisten Administrasi Umum H. Zulkarnaen, Camat Sintang Ana Prihantina dan Sekcam Sintang Blasius.
Tim sempat memantau jalannya gotong royong dan kerja bakti di beberapa titik seperti Jalang Pangeran Kuning Gang Bungur Kelurahan Tanjungpuri, dan Jalan Dara Juanti. Saat berada di Jalan Pangeran Kuning Gang Bungur RT 4 RW 7 Kelurahan Tanjungpuri, Lurah Tanjungpuri Rusman Efendi menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong yang dilaksanakan warganya adalah memperbaiki jalan di Gang Bungur. “jalan gang ini akan kita lebarkan sampai tembus ke Gang Kemunting. Ini akan rutin kita laksanakan setiap hari Jumat dan akan selalu berlanjut. Yang pasti target kami sampai mobil bisa masuk ke gang ini.
Masra salah satu warga RT 4 yang ikut bekerja menyampaikan bahwa semua masyarakat mau terlibat bahkan ikut patungan biaya untuk membeli semen, pasir dan konsumsi. “selain melebarkan jalan, kita juga memperbaiki parit-parit yang ada karena ini sudah masuk ke musim hujan” jelas Masra.
Saat meninjau pelaksanaan gotong royong di Jalan Dara Juanti RT 05 RW 02 Kelurahan Ulak Jaya, rombongan langsung disambut oleh Wardi Lurah Ulak Jaka. “akan diuapayakan rutin dilakukan setiap jumat, artinya jangan sampai setelah selesai kegiatan BBGRM, lalu kegiatan gotong royong juga selesai, tetapi terus berlanjut. Hari ini saja kita bekerja di lima titik” jelas Wardi.
Camat Sintang Ana Prihantina menyampaikan bahwa salah satu kegiatan BBGRM adalah penyuluhan dan gotong royong. “kita sekarang dalam posisi menggerakan saja. Kita ingin kegiatan BBGRM ini bisa berjalan sukses” ujarnya (RILIS HUMAS)

__Terbit pada
24/10/2014
__Kategori
Sintang