Bupati Sintang Serahkan Dua Ekor Hewan Kurban Kepada Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Sintang rutin memagikan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan dan layak mendapatkan daging kurban. Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha Tahun 1435 Hijriyah H. Hotler Panjaitan, Pemkab Sintang menyiapkan 2 ekor sapi untuk di kurbankan. Daging yang disiapkan sebanyak 180 KG yang akan dibagikan kepada 180 KK. Dari jumlah masyarakat yang menerima daging kurban sebanyak 180 KK yang terdiri dari Pegawai Harian Lepas Dinas Kebersihan, Cleaning Service yang sehari-hari bertugas di Sekretariat Daerah, RSUD AM. Djoen, dan BPKAD, serta masyarakat tidak mampu di sekitar Kantor Bupati Sintang. Penyerahan secara simbolis hewan kurban dilakukan Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Sabtu, 4 Oktober 2014.

Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si menjelaskan bahwa peringatan hari raya Idul Adha salah satunya ditandai dengan penyembelihan hewan kurban untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada Nabi Ibrahim dan Putranya yaitu Nabi Ismail. Dalam peristiwa itu, Nabi Ibrahim diperintah oleh Tuhan untuk menyembelih anaknya Ismail dengan tangannya sendiri.
“makna peristiwa tersebut adalah umat Islam diharapkan ilklas lahir dan batin mengorbankan sesuatu yang dicintainya untuk memenuhi perintah Tuhan. Bagi orangtua, kita diminta bijak seperti Nabi Ibrahim. Dan bagi anak-anak dianjurkan seperti Ismail yang taat kepada orangtua sehingga siap menghadapi cobaan dari Tuhan” tegas Bupati Sintang.
“bagi umat Islam yang memiliki kesanggupan untuk menyembelih hewan kurban, hendaknya tanpa ragu untuk melakukan sebagai upaya membersihkan dan mendekatkan diri pada Tuhan. Pesan moral dari peringatan hari raya Idul Adha adalah untuk memberikan dan berbagi kepada kaum fakir miskin, menghilangkan jurang pemisah antara yang miskin dan kaya, hidup berdampingan, saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh kedamaian dan nuasan persaudaraan yang tinggi” jelas Bupati Sintang.
“atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang sangat bersyukur karena tahun ini, kembali menyediakan hewan kurban kepada pihak yang layak menerimanya. Inilah bentuk wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah Kabupaten Sintang terhadap masyarakat” jelas Bupati Sintang.
Usai diserahkan, dua ekor sapi langsung dibawa untuk dipotong oleh tim khusus yang bertugas menyembelih, memotong dan membagikan kepada orang yang sudah ditentukan (RILIS)

__Terbit pada
04/10/2014
__Kategori
Sintang