Sekda Sintang Tinjau Kesiapan Pelaksanaan Tes CPNS

Pemerintah Kabupaten Sintang terus menerus mempersiapkan proses pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014, mengingat sistem tes yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dilaksanakan pertama kali dalam seleksi CPNS.
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si meninjau kesiapan lokasi dan perangkat komputer di Aula SMK Negeri 1 Sintang pada Kamis,25 September 2014. Plt Sekda Sintang didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Veronika Ancili, Asisten Administrasi Umum Zulkarnaen, Sekretaris Dinas Pendidikan Marchues Afen dan Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai BKD Sintang Paulus Libat melihat dan mengecek kesiapan ruangan, komputer serta berdialog dengan para tenaga teknisi.
Yosepha Hasnah ketika berada di Aula SMKN 1 Sintang menyampaikan panitia sudah menyiapkan 120 komputer untuk melaksanakan tes CPNS. Namun hanya ada 110 komputer yang dipakai,sisanya 10 unit untuk cadangan.
“Persiapan sampai sekarang sudah 95 persen. dalam satu hari akan ada 5 sesi tes. Setiap harinya tes akan dimulai jam 08.00-17.30 WIB. Soal akan ada 100 dengan waktu pengerjaan 1 jam. Antar komputer nanti soalnya beda” jelas Yosepha Hasnah.
“kita tinggal tambahkan AC, menyurati PLN, dan menyiapkan genset. Karena jika saat peserta mengerjakan soal, listrik mati, maka komputer juga akan mati, maka peserta harus menjawab ulang soal. Tes kita pusatkan di satu tempat yakni di Aula SMKN 1 Sintang saja. Sesuai dengan jadwal yang ada, maka tes akan dimulai 10 Oktober 2014.
Kepala BKD Veronika Ancili menyampaikan bahwa pendaftaran CPNS sudah di tutup pada hari Rabu, 24 September 2014 pukul 24.00. total ada 2.240 pelamar dan yang sudah mengembalikan berkas baru 1. 354 orang. Penyerahan berkas sampai 30 september 2014.

“dengan sistem CAT ini, setelah peserta menjawab dan mengisi formulir, maka peserta akan langsung bisa mengetahui apakah yang bersangkutan memenuhi passing grade atau tidak. Kalau tidak memenuhi passing grade maka gagal, jika memenuhi passing grade juga belum tentu lulus karena akan dirangking berdasarkan jumlah pelamar formasi. Dan ketika sudah klik selesai, peserta sudah tidak bisa memperbaiki jawaban lagi” jelas Veronika Ancili.
Sekretaris Dinas Pendidikan Marchues Afen menyampaikan selama tes CPNS berlangsung, seluruh kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Sintang akan diliburkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama tes berlangsung.
Jika ada 110 unit komputer yang tersedia dengan jumlah pelamar 2.240 dengan asumsi semua menyerahkan berkas, maka tes akan dilaksanakan selama 5 hari. Karena dalam satu hari hanya bisa ada 550 orang peserta yang mengikuti tes. Dan pada hari terakhir hanya akan tersisa 40 orang saja.
Sebelum tes di mulai seluruh peserta akan diberikan pengarahan mengenai langkah-langkah mengikuti tes karena jika salah dalam pengisian maka akan gugur dengan sendiri.
semua komputer dihubungkan dengan jaringan intranet sehingga peserta tidak bisa membuka google, dikomputer hanya bisa membuka kalkulator saja.
Selama proses tes seleksi berlangsung, peserta dan panitia akan diawai oleh panselnas dan ombudsman. soal sudah tersimpan di dalam server panselnas.Ruang tes juga akan dilengkapi dengan CCTV.

__Terbit pada
25/09/2014
__Kategori
Sintang