Masyarakat Mengerat Bersyukur, SD Swasta Menjadi Negeri

Pendidikan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Sintang sebagaimana program aksi kita Jakarta Selatan. Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat meresmikan SDN 39 Mengerat Desa Radin Jaya Kecamatan Ketungau Tengah pada Jumat 29 Agustus 2014.
Sekolah Dasar Swasta Jarak Jauh Mengerat menjadi negeri setelah adanya Keputusan Bupati Sintang Nomor 62 tahun 2013. Dalam kesempatan tersebut Bupati Sintang untuk menghindari miras karena miras akan merusak syaraf manusia yang mengkonsumsinya.
Mulai saat ini jangan sampai ada lagi anak-anak yang tidak sekolah. Jika ada orangtua yang melarang anaknya sekolah, maka orangtua tersebut bisa dikenakan pidana. Mari kita juga terus tanam karet untuk terus menjaga ekonomi keluarga.
Kades Radin Jaya Junatan menyampaikan SD Swasta Mengerat berdiri sejak 1997 dan diajar oleh guru honor. Jadi sekolah ini sudah berdiri 17 tahun dan sudah menghasilkan banyak sarjana. Dan sejak 2013 kemarin sudah resmi menjadi Sekolah Dasar Negeri.
Pemerintah Kabupaten Sintang sudah membantu sekolah ini sebanyak 3 ruangan kelas yang merupakan bantuan tahun 2007 dan tahun 2013.
Binjai Kepala Dinas Pendidikan Cabang Ketungau Tengah menjelaskan bahwa di Kecamatan Ketungau Tengah pada Tahun 2013 ada 9 Sekolah yang di negerikan. 8 sekolah jarak jauh dan satu sekolah swasta. Saat ini ada 40 sekolah negeri. Dan masih banyak sekolah jarak jauh yang belum di negerikan karena terkendala jumlah murid. Dari 40 sekolah tersebut, Rata satu sekolah hanya diasuh 3 orang guru. Bahkan ada sekolah yang hanya kepala sekolah saja yang PNS, guru lainnya tenaga honorer dan kontrak.
Saya berharap tanah lokasi sekolah ini segera dibereskan dalam bentuk surat hibah sehingga memudahkan dalam menetukan dapodik.

__Terbit pada
30/08/2014
__Kategori
Sintang